-->
banner sagalapedia

23 Inspirasi Hadiah Ultah Untuk Pasangan Kamu

Pasangan kamu sebentar lagi ulang tahun ? bingung nyari hadiah yang tepat? yang lain juga sama qo, hehe.. Buat kamu yang masih bingung me...

banner sagalapedia
banner sagalapedia

6/30/2013

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Selain komputer yang sering hang, komputer sering restart sendiri juga menjadi masalah bagi PC user.
Mari kenali penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart sendiri.

Komputer sering restart.

Komputer biasanya otomatis melakukan restart dengan sendirinya dikarenakan beberapa masalah berikut,

Tegangan listrik rendah atau tidak stabil

Gunakan AVO Meter (sebaiknya panggil orang mengenal kelistrikan) untuk memeriksa tegangan listrik di rumah anda, pastikan tegangan benar-benar mencapai 220V, jika tegangan listrik naik turun, sebaiknya gunakan stabilizer atau stavolt, karena jika dibiarkan akan berakibat pada kerusakan Hardware, seperti Hard Disk, Motherboard, dan Memory Komputer.

Kerusakan pada power suply

Karena faktor usia pemakaian, power suply rentan mengalami kerusakan dan mengakibatkan arus listrik masuk ke CPU menjadi tidak stabil, untuk melakukan pemeriksaan bisa dilakukan dengan memasang fan atau kipas yang dilengkapi lampu, biasanya jika power suply rusak, lampu di fan tersebut akan berkedip.

File corupt

Masalah satu ini ditandai dengan restart otomatis begitu komputer dinyalakan, solusinya dengan melakukan instal ulang sistem operasi perangkat PC anda

Low memory

Terjadi pada saat anda membuka program atau game yang membutuhkan kapasitas memory yang besar, solusinya hanya dengan menambah kapasitas memory

Processor over heat

Panas berlebih pada CPU atau processor juga menjadi penyebab komputer sering restart sendiri, pastikan semua kipas atau fan di CPU bekerja dan putarannya tidak terhalangi kabel, pastikan juga thermal paste atau pasta pendingin processor masih ada atau ganti dan tambahkan jika perlu.

Virus

Beberapa virus memakan source PC dengan sangat besar, solusinya gunakan anti virus yang sudah terkenal keampuhannya seperti Avast atau Avira.

Dengan mengenali penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart yang telah saya tulis di atas semoga anda terhindar dari kerusakan hardware lainnya, semoga bermanfaat.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner