-->
banner sagalapedia

23 Inspirasi Hadiah Ultah Untuk Pasangan Kamu

Pasangan kamu sebentar lagi ulang tahun ? bingung nyari hadiah yang tepat? yang lain juga sama qo, hehe.. Buat kamu yang masih bingung me...

banner sagalapedia
banner sagalapedia

6/27/2013

22 Tips Mudah Mendidik Anak Lebih Pintar dan Cerdas

Mempunyai anak pintar dan cerdas tentunya sebuah harapan saat mendidik anak bagi semua orang tua. Tahukah anda? sedikitnya ada 22 cara mendidik anak agar anak lebih cerdas dan pintar, dan 22 cara tersebut akan saya berikan pada artikel kali ini.

Cara mendidik anak

Berikut 22 hal yang dapat membantu mendidik anak lebih cerdas

Asi eksklusif membantu mencerdaskan anak

Menurut sebuah penelitian, anak yang semasa bayi mendapat asi eksklusif dengan baik bukan hanya mempunyai kekebalan tubuh lebih baik, juga cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik.

Pentingnya komunikasi saat mendidik anak

Anak cenderung lebih mudah menangkap apa yang diucapkan oleh orang tuanya, selain membantu menambah kosakata baru, sering berkomunikasi dengan anak dapat menambah kedekatan anak dengan orang tua.

Pujian menumbuhkan percaya diri

Sering memberikan perhatian dan pujian dapat menambah percaya diri anak, sering-seringlah berikan pujian atas hal-hal baik yang anak anda lakukan.

Perhatian dan kehangatan keluarga

Kehangatan dan kasih sayang orang tua yang diperlihatkan dengan perhatian membantu menjaga kondisi emosi anak, mendidik anak dengan cara yang keras justru akan berdampak buruk bagi anak nantinya.

Bercerita 

Selain komunikasi, sering membaca buku cerita atau memberikan dongeng untuk anak juga membantu daya imajinasi dan kecerdasan anak.

Dampingi anak saat bermain

Selain menambah kedekatan dengan anak, mendampingi anak saat bermain bisa membantu anda mengenali minat dan potensi anak.

Temani saat menonton TV

Temani anak anda saat menonton TV, sebagian film justru mengajarkan hal-hal yang kurang baik bagi anak, berikan juga pemahaman pada anak akan cerita di film terutama jika menayangkan hal-hal yang baik.
Sebagian orang tua membiarkan anaknya lama di depan TV karena merasa anak cenderung tenang, namun faktanya, terlalu lama menonton tv apalagi tontonan kurang baik selain dapat membuat anak lebih malas juga membuat anak lebih sulit bersosial.

Bernyanyi membantu kecerdasan anak

Anak anak cenderung lebih senang bernyanyi, selain menambah perbendaharaan kata, bernyanyi membantu rasa percaya diri anak, selingilah dengan memberikan pujian saat mengajari anak bernyanyi.

Musik lembut meningkatkan kecerdasan anak

Sering mendengar alunan musik yang lembut dapat menambah tingkat kecerdasan, konsentrasi, dan ketenangan emosional anak, selain mendengarkan musik, mengajari bermain alat musik juga telah terbukti mampu menambah kecerdasan anak.

Olahraga dan makanan sehat

Anak yang lebih sehat cenderung lebih cerdas, jaga selalu kesehatan anak dengan rajin mengajaknya berolahraga dan berikan selalu makanan yang sehat.

Sarapan

Anak yang terbiasa sarapan cenderung memiliki tingkat konsentrasi lebih baik dibanding anak yang melewatkan sarapan, biasakan berikan anak sarapan yang baik setiap hari.
Jangan lupa baca juga tips sarapan kaya protein.

Hindari jajanan tidak bermanfaat

Selalu cermat akan apa yang dikonsumsi anak, baiknya hindari makanan yang kurang bermanfaat seperti junk food atau jajanan pinggir jalan yang diragukan kebersihan serta manfaatnya.

Minyak ikan membantu perkembangan otak anak

Berikan minyak ikan atau sumber makanan yang kaya akan Omega-3 dan DHA untuk membantu perkembangan otak anak.

Permainan edukatif bagian dari pendidikan anak

Memberikan permainan yang mendidik atau edukatif sudah sangat terkenal bisa dijadikan media mendidik anak.

Jawab pertanyaan anak

Setiap menemukan hal baru, anak cenderung bertanya "apa itu?" atau "apa ini?", bantu anak memahami semua hal baru dengan penjelasan yang baik bahkan jika anak tidak bertanya, ini sangat efektif menambah pengetahuan anak.

Faktor Lingkungan menentukan kecerdasan anak

Menurut sebuah penelitian di Jepang, anak yang tumbuh di lingkungan yang bising memiliki tingkat memori lebih rendah dibanding anak yang tumbuh di lingkungan yang tenang.

Temani anak saat bersosial

Temani anak saat bermain dengan teman temannya, anda tidak perlu membatasi teman anak anda namun jaga agar anak anda tidak mempelajari hal buruk dari lingkungannya saat bermain.
Baca juga tips menghentikan kebiasaan anak berbicara kasar dan jorok.

Istirahat yang cukup

Anak dengan waktu istirahat atau jam tidur yang baik cenderung memiliki tingkat konsentrasi dan kecerdasan lebih baik

Hindari stress pada anak

Sama seperti orang dewasa, anak pun terkadang mempunyai masalah, inilah pentingnya komunikasi dan keterbukaan pada anak, dampingi anak saat dia terlihat berbeda dari biasanya, dan bantulah anak melewati masalah yang dia hadapi, biasanya di lingkungan sekolah atau lingkungan bermainnya.

Berwisata alam, menyenangkan dan mendidik

Anak yang sering berwisata ke tempat wisata alam cenderung memiliki tingkat ketenangan dan kecerdasan lebih baik, sempatkan waktu anda setidaknya sebulan sekali untuk mengajak anak berwisata alam.

Berdoa dan berusaha adalah kombinasi metode pendidikan anak yang sangat baik

Anda tentunya tidak pernah lelah memberikan pendidikan untuk anak, sertai juga hari-hari anda dengan berdoa pada Tuhan karena Dia-lah yang memberikan kecerdasan, dan keberhasilan atas usaha anda.

Pendidikan anak terbaik berasal dari orang tuanya

Tidak ada orang yang lebih baik dan tepat untuk mendidik anak selain anda sebagai orang tuanya, karena disadari maupun tidak anak akan lebih cenderung mengikuti kebiasaan dan beradaptasi dengan pribadi anda.
Khusus untuk anda para orang tua yang peduli akan kesehatan dan proses tumbuh kembang anak, dapatkan suplemen terbaik untuk anak, Vitasigi F, yang bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan gizi anak, memperbaiki jaringan tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak agar anak ga gampang sakit,, silahkan anda dapatkan hanya di www.tokopedia.com/nazwashop/suplemen-anak-cni-vitasigi-f-1
Semoga artikel cara mendidik anak ini bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner